Minggu, 15 Juni 2008

kegunaan subwoofer dalam car audio system dan tips-tips memilih subwoofer yang tepat

Subwoofer adalah speaker khusus dibuat untuk mengalirkan low frekuensi. Seberapa penting kegunaan subwoofer tergantung dalam konteks pemakaiannya

Kisaran gelombang yang dapat diterima telinga manusia hanya dari 20 Hz hingga 20 KHz, jadi tidak semua gelombang frekuensi mampu didengar manusia.oleh karena itu pada car stereo system yang baik, suara yang dihasilkan harus dapat memenuhi standar kemampuan pendengaran telinga manusia, untuk itu diperlukan adanya speaker untuk mengalirkan frekuensi suara. Namun setiap speaker memiliki kemampuan terbatas untuk menghasilkan frekuensi.


Speaker terdiri dari banyak macamnya, pertama dikenal tweeter dengan kemampuan kerja untuk high frekuensi kisaran 3500 Hz sampai 20 KHz, kedua dikenal dengan Midrange untuk mengisi kisaran frekuensi 350 Hz sampai 4500 Hz, ketiga Midbass/Midwoofer yang mampu mereproduksi frekuensi 80 Hz - 350 Hz dan yang terakhir adalah speaker berjenis Subwoofer yang mampu mereproduksi suara dibawah 40Hz.

dalam car stereo system, suara diurutkan mulai dari low, mid baru ke high frekuensi. Ketiga jenis frekuensi itu harus ada dalam car stereo system, bila yang bisa dipenuhi hanya high frekuensinya saja, maka suara dalam mobil akan kosong dengan tidak adanya suara low frekuensi atau bunyi bass, untuk itu diperlukan adanya subwoofer untuk mendapatkan low frekuensinya. Baik itu system 2 way, 3 way, 4 way terlebih car theater, pemasangan subwoofer tetap sangat diperlukan.

“Walaupun mobil telah dilengkapi midbass yang mampu mengeluarkan frekuensi hingga 30Hz, itupun jarang ada, tetap saja dalam car stereo system harus dilengkapi oleh subwoofer untuk mendapatkan low frekuensi yang dibutuhkan”. Kesimpulan yang bisa diambil dari semua adalah subwoofer harus ada dan terpasang dalam car stereo system bila menginginkan sebuah kualitas suara yang memenuhi syarat sebagai system yang baik dan nyaman untuk didengarkan.

Tips Cara Memilih Subwoofer :Subwoofer dipasaran banyak jenis dan ukurannya, untuk itu perlu adanya pengetahuan bagaimana cara memilihnya agar sesuai dengan jenis mobil dan suara low yang diinginkan.:
1. Subwoofer tidak harus yang mahal, karena subwoofer bagus belum tentu yang berharga mahal. Yang penting sebuah subwoofer bersifat rigid dengan konus jika ditekan cukup elastis.
2. Pilihlah subwoofer yang sesuai dengan jenis mobil, untuk mobil city car pilihlah subwoofer yang berukuran 10”, untuk mobil berkabin besar, sebaiknya memilih yang berukuran 12”. Dan perhatikan jenis music yang anda dengar, speed yang lebih baik didapat pada sub 10” sedangkan suara rendah didapat pada 12”.
3. Pilihlah subwoofer yang mampu mengeluarkan frekuensi dibawah 40 Hz dengan melihat spesifikasi pada manual book atau bertanya kepada instalatur car stereo.
4. Jika menginginkan subwoofer yang praktis dalam pemasangan, pilihlah subwoofer tabung aktif, dengan memilih jenis ini hanya dibutuhkan waktu pemasangan yang singkat , karena tidak perlu pembuatan box penambahan amplifier lagi yang dapat memakan waktu sekaligus biaya.
5. Jika menggunakan Amplifier 4 kanal diusahakan tidak menggunakan subwoofer double voice koil, karena jenis ini memerlukan daya yang cukup besar.
6. Pilihlah subwoofer yang berjenis Shallow jika ingin ruang kabin khususnya bagasi tidak menjadi sempit, subwoofer shallow memiliki basket dengan bentuk yang tipis dan dapat maksimal bekerja dengan box dengan kubikasi yang kecil yang tidak memerlukan box dengan ukuran besar.
7. Terakhir pilihlah subwoofer yang memiliki finishing dan bahan yang berkualitas dengan bertanya pada instalatur car stereo, karena bahan subwoofer terutama pada bagian konus sangat berpengaruh pada karakter suara bass yang diinginkan.

Bila subwoofer sudah dipilih, maka yang perlu diperhatikan lagi adalah placementnya, karena hal ini sangat berpengaruh pada kualitas suara yang didapat dalam kabin. Placement subwoofer harus bisa sejauh mungkin dari posisi dengar, disarankan sebaiknya subwoofer diletakkan pada bagian paling belakang dalam kabin mobil seperti bagian bagasi.

Tidak ada komentar: